Panduan Dasar Analisis Statistik

AG00021_ Seringkali seorang yang akan melakukan analisis data statistik kebingungan, analisis apa yang akan dipakai ?  Apakah regresi, korelasi, manova, nonparametrik, cluster, dlsb ?  …Sekarang anda tidak perlu bingung lagi, karena berikut ini kami sajikan panduan dasar untuk pemilihan analisis statistik.  Dengan mengikuti beberapa langkah sederhana, voila :)  anda dapat menentukan analisis statistik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda.  Untuk memulai, jawablah pertanyaan / pernyataan di bawah ini :

1.  Apakah ingin melakukan pengujian hipotesis (menguji perbedaan antara dua peubah) ?  Jika Ya maka lanjutkan ke Panduan Dasar Pengujian HipotesisJika Tidak maka lanjutkan ke nomor 2

2.   Apakah akan dicari hubungan antara peubah yang akan dianalisis ? Jika Tidak maka : Gunakan statistik deskriptif berupa nilai (mean, median, modus, kuartil, ragam, simpangan baku, koefisien keragaman) maupun berupa grafik (poligon, histogram, boxplot, diagram batang dan daun).  Jika Ya maka lanjutkan ke nomor 3.

 

9 Comments

  1. Wawie — December 27, 2008 @ 2:11 pm

    wow,

    what a such great expalining…
    we have to learn it for our Statistics based..

    Thanx for admin
    i mean, my Lecture

    _wawie_

  2. dartz_win — May 30, 2009 @ 11:05 pm

    thanks for the guide… this is a good stat web i,ve ever met

  3. Suratno — June 10, 2009 @ 3:38 am

    Sumber pengetahuan statistik yang amat bagus bagi pemula.

  4. nandar — December 14, 2009 @ 3:05 pm

    bagus sekali penjelasan nya..seperti yang di sebutkan di paragraph awal..memang ada kesulitan ketika akan menganalis suatu data. Thanks a lot..moga bisa lebih di kembangkan lagi conten site ini sehingga menjadi acuan bagi yang mau belajar statistik.

  5. admin — December 28, 2009 @ 8:12 pm

    @ All : Thanks buat komentar membangunnya, semoga dapat memacu kami untuk lebih baik lagi. Silakan mengeksplor konten web ini, semoga bermanfaat.

  6. aam — April 14, 2011 @ 12:47 am

    uji apa yang harus saya gunakan kalau saya ingin menguji persepsi dengan skala likert, untuk menentukan bagaimana beberapa perilaku tertentu menjadi indikator adanya suatu penyimpangan di dalam masyarakat? terimakasih.

  7. Daeng — March 17, 2012 @ 8:32 pm

    Ada ebook yg bisa di donlod ga?

  8. fian — November 11, 2012 @ 1:15 pm

    sy yang lagi belajar statistik amat terbantu sm artikel ini. klo bs postinganya ttg statistik lebih disederhanakan bahasanya, agar yg awampun bs mengerti.
    terima kasih

  9. Ngkai — February 22, 2013 @ 1:31 pm

    Mantap ….

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment