Panduan Dasar Pengujian Hipotesis

AG00011_Pengujian hipotesis, dalam ilmu statistik, dilakukan untuk menguji kebenaran suatu pernyataan secara statistik .  Umumnya pernyataan statistik berkaitan dengan satu peubah, dua peubah, atau lebih dari dua peubah dan melibatkan suatu parameter (dibahas di pendahuluan).  Parameter yang akan diujikan, biasanya ialah nilai tengah/rata-rata/mean, proporsi, atau ragam.

Untuk menentukan statistik hitung yang sesuai (dibahas di pengujian hipotesis), jawablah pertanyaan/pernyataan di bawah ini :

1.  Apa parameter yang akan diuji ? Jika rata-rata maka lanjutkan ke nomor 2, jika proporsi maka lanjutkan ke nomor 3, jika ragam maka : Gunakan statistik hitung F

2.  Berapa jumlah parameter yang akan diujikan ? Jika hanya satu rata-rata atau dua rata-rata maka : Gunakan t hitung atau z hitung, jika lebih dari dua rata-rata maka : Gunakan statistik hitung F (ANOVA)

3.  Berapa jumlah parameter yang akan diujikan ? Jika hanya satu atau dua proporsi maka : Gunakan z hitung, jika lebih dari dua proporsi maka : Gunakan statistik hitung kai-kuadrat


2 Comments

  1. budi — June 14, 2009 @ 11:14 am

    masih belum ngerti ilmu ginian

  2. erroz — December 1, 2010 @ 6:29 pm

    thanks infonya sobat..
    wish u luck..

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment